Sabtu, 16 November 2013

KEINGINAN FANA

Penglihatan atas segala pemandangan adalah surga bagi si buta, mereka yang lapar mengharap makanan-makanan yang lezat adalah surganya, mereka yang dalam kesulitan mengharap kemudahan dan jalan keluar sebagai surganya, mereka yang bercinta berharap pernikahan dalam satu keluarga baru sebagai surganya, juga mereka yang hidup di teriknya padang pasir tentulah kerindangan dan hijau dedaunan serta semilir angin dingin menyejukkan diiringi gemericiknya air sungai yang mengalir adalah surga yang mereka harapkan serta bidadari-bidadari cantik yang bergantian melayani.

…….. dan kepadamu duhai para sahabat, apakah surgamu ??

Na’im-kah ?? Adn-kah ?? …..ato Firdaus-kah ??

Tidak !! semua itu hanyalah fananya segala keinginan……. Dan janganlah keinginan sebagai yang memabukkanmu, sekalipun Tuhanmu menjanjikan semua kenikmatan itu, akankah kau menjadi seperti anak kecil lagi yang beribadah didasari janji-janji akan hadiah yang menggiurkan ?!

Ibadah adalah pengabdian tulus ikhlas tanpa mengharap kembalian, dan tentu imanmu bukanlah iman anak kecil lagi yang terlena akan hadiah pahala-pahala yang menggiurkan serta takut akan balasan api yang menyala-nyala bila melanggarnya.

Selama belum dapat memahami ini, sungguh engkau akan terus dalam harapan dan meratap. Dan segala yang sesungguhnya adalah nikmat takkan kau rasakan kenikmatannya, terus saja memandang pada segala keinginanmu……. Dan bila telah terpenuhi keinginanmu, akan muncul lagi beribu-ribu keinginan yang semakin menyesakkan dadamu. Kembalilah kepada fitrah kemanusiaannya sebagai yang mewujudkan kehendak-NYA dan menjadi rahmat bagi sesama.


Atau apakah manusia akan mendapat segala yang dicita-citakannya? …..Tidak !! maka hanya bagi Allah kehidupan akhirat dan kehidupan dunia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar